Lompat ke isi utama

Berita

SAUT BOANG MANALU KORDIV HUMAS DATIN : PERAN STRATEGIS DALAM SUKSESKAN PEMILU KEHUMASAN BAWASLU SE – SUMATERA UTARA WUJUDKAN PARADIGMA BARU

berastagi

Padangsidimpuan,Bawaslu Kota Padangsidimpuan – Badan Pengawasa Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara gelar Rapat Evaluasi dan Penguatan Pemberitaan Pemilu (Pemilihan Umum) tahun 2024 di Hotel Internasional Sibayak (HIS) Berastagi, Kabupaten Karo. Rabu (27/03/2024).

Rapat tersebut dihadiri oleh Kordiv Humas Datin Bawaslu Sumut, Saut Boangmanalu, Kordiv SDM Bawaslu Sumut, Romson Poskoro Purba, serta Komisioner Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara, beberapa narasumber, dan undangan lainnya.

Romson Poskoro Purba dalam arahan dan sambutannya saat membuka secara resmi acara tersebut mengatakan bahwa media adalah salah satu partner kita (Bawaslu) untuk mempublikasikan tugas-tugas pengawasan pemilu yang sudah berlangsung saat ini, dan sebentar lagi kita akan memasuki tahapan Pilkada 2024, ujarnya.

“Pemilu yang inklusif dan partisipatif bisa tercapai kalau semua elemen masyarakat itu kita libatkan, dan juga semua komponen masyarakat mendapatkan suguhan informasi yang baik dan benar sesuai dengan tahapan maupun teknis pelaksanaan pemilu,” Ujarny.

“Saya kira itu yang terus kami dorong sehingga selain media, kita juga terus menyasar kelompok-kelompok masyarakat yang belum mendapatkan informasi yang lengkap tentang pemilu dan peran-peran mereka sebagai pemilih,” jelasnya.

berastagi

Bawaslu berharap agar melalui evaluasi pemberitaan ini, Bawaslu di tingkat Kabupaten/Kota dapat berperan aktif dalam menyampaikan informasi. Sedangkan Saut Boangmanalu menekankan peran strategis kehumasan Bawaslu dalam mendukung kerja - kerja Bawaslu, serta pentingnya sinergi dengan mitra media eksternal untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat secara luas.

Dalam pemaparan materi dan diskusi, Saut menyoroti kriteria penilaian kehumasan yang ditetapkan oleh Bawaslu RI dan pentingnya edukasi masyarakat melalui informasi pemilu. Empat hal penting dalam pencegahan juga dibahas, termasuk evaluasi bersama terhadap pelaksanaan pemilu, penyebaran informasi pemilu, edukasi pemilih, dan peran advokatif dan informatif terkait hak-hak pemilih.

Hadir pada kegiatan ini Idris Pasaribu PWI Sumatera Utara yang diundang secara langsung oleh Bawaslu Sumatera Utara menjadi narasumber pada kegiatan ini.

Idris menekankan pentingnya kualitas tulisan wartawan dalam memberitakan informasi. Idris juga menyatakan bahwa tidak perlu takut dalam berhadapan dengan wartawan, tetapi penting untuk memilih bagaimana menempatkan diri kepada wartawan atau media.